Museum Kepurbakalaan Candi Prambanan

10:58 PM

Roro Jongrang memiliki paras yang cantik jelita. Suatu ketika, ia dilamar seorang ksatria bernama Bondowoso. Roro Jongrang bersedia menerima lamara itu, dengan syarat Bondowoso membuantkan seribu candi dan dua buah sumur dalam waktu semalam. Singkat cerita, Bondowoso yang dibantu balatentaranya gagal memenuhi permintaan Roro Jongrang. Seketika Bondowoso murka dan mengutuk Roro Jongrang menjadi arca setelah mengetahui bahwa Roro Jongralah yang menggagalkan usahanya.

Ya, banyak masyarakat menyangka bahwa candi Prambanan berasal dari legenda Roro Jongrang dan Bondowoso. Sejak kecil legenda Roro Jongrang sudah diperdegarkan kepada anak-anak. Faktanya, Roro Jongrang hanya cerita rakyat dan bukan kisah nyata dibalik asal mula dibangunnya candi Prambanan.

For your information, Prambanan merupakan kompleks candi Hindu yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu; Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Pastinya, dengan dibangunnya candi ini menandai bahwa Hinduisme adalah agama yang sedang berkembang pada saat itu.

Pada saat berkunjung ke kompleks candi Prambanan, memang tidak ada caption atau notice yag menjelaskan secara detail sejarah dari candi Prambanan. Informasi lengkap mengenai candi bisa didapatkan di museum kepurbakalaan yang masih berada di sekitar kompleks candi. Museum yang didirikan sejak 1993 ini berisi informasi sejarah candi prambanan dan barang-barang temuan lepas dari sekitar candi prambanan yang tentunya berhubungan dengan candi prambanan.

“Prambanan itu hanya Monumennya, dan sebenarnya penjelasnya ada di museumnya. Tetapi, hari ini mindset masyarakat Indonesia masih minim untuk mengunjungi museum.” Ujar Gianto yang sudah bertugas di museum sejak 1988 silam.

Di museum ini tersedia tiga ruangan mengenai candi Prambanan. Pertama, ruang audio visual berupa film tentang sejarah candi Prambanan. Kedua, ruang artefak mulai dari logam, fosil, emas, dan batu. Terakhir, ruang yang memuat foto candi Prambanan tempo dulu.

“Orang yang sudah berkali-kali berkunjung ke Prambanan belum tentu tahu sejarah tentang candi Prambanan. Kemudian, apakah benar legenda mengenai Roro Jongrang ? justru kadang mereka yang sekali dua kali berkunjung tapi kunjungan mereka berkualitas.” Tutur bapak 45 tahun itu.

Prambanan merupakan salah satu dari ribuan peninggalan sejarah yang ada di Indonesia. Negera dengan beragam suku bangsa dan bahasa ini, menyimpan seribu kisah dongeng ataupun legenda. Sayang seribu sayang, cerita rakyat sudah mulai ditinggalkan oleh anak-anak bangsa. Justru cerita-cerita bangsa asing dan cerita modern kini lebih diminati.
Kompleks Candi Prambanan
Salah satu pahatan di candi Prambanan

Museum Kepurbakalaan Candi Prambanan
Gambar Candi Prambanan Tempo dulu

You Might Also Like

0 komentar

0