CAR FREE DAY JONGGOL PERTAMA DI INDONESIA

1:57 AM

Macet, panas, sibuk, dan penuh dengan sesakan manusia yang meniti peruntungan hidup. Jakarta seakan butuh ruang segar untuk bernafas. sebagai kota tersibuk, perlu adanya waktu khusus bagi warga Jakarta untuk meregangkan otot dan otak yang kaku. Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor setidaknya memberikan suasana berbeda sehari dalam sepekan. Jika biasanya pagi hari dimulai dengan kemacetan, beda halnya dengan pagi diakhir pekan yang memberikan suasana  jauh dari riuh kendaraan.

Car Free Day hadir sebagai salah satu kegiatan kampanye untuk mengurangi tingkat pencemaran udara di kota-kota besar akibat kendaraan bermotor. Kemudian, pentingnya akan kebutuhan ruang publik pun mulai disadari. Pengadaan taman-taman kota hingga CFD merupakan salah satu upaya untuk menciptakan ruang terbuka publik yang ramah bagi warganya.

Sesuai dengan peranan departemen pekerjaan umum dalam penyediaan ruang publik di perkotaan, pemanfaatan ruang di perkotaan adalah ruang terbuka (open space). Ruang ini kemudian dapat diakses atau dimanfaatkan oleh warga kota secara cuma-cuma. Adanya ruang terbuka sebagai bentuk pelayanan publik dari pemerintah kota yang bersangkutan demi keberlangsungan beberapa aktivitas seperti sosial, rekreasi, kebersihan, keindahan, keamanan dan kesehatan.

senam sehat salah satu kegiatan Car Free Day Jonggol

Tak hanya kota-kota besar, hari ini Jonggol yang setingkat kecamatan pun mulai menyadari kebutuhan masyarakat Jonggol akan ruang terbuka publik. Ruang terbuka publik ini sebagai sarana publik untuk berkumpul, saling bercengkrama, bertukar ide dan gagasan hingga melakukan kegiatan ekonomi. Selain itu, ruang terbuka publik juga dapat dijadikan sebagai tempat olah raga, rekreasi dan berkumpul keluarga atau bahkan temu komunitas-komunitas.

Car Free Day Jonggol merupakan salah satu inovasi yang dicanangkan pemerintah kecamatan demi terwujudnya ruang terbuka publik di Jonggol yang optimal. Bukan hal yang tak mungkin Jonggol dapat menggelar kegiatan CFD. Siapa sangka, animo masyarakat Jonggol begitu tinggi ikut serta meramaikan CFD. Mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, semua tumpah ruah meramaikan Hari Bebas Kendaraan perdana di Jonggol.

Sejarah mencatat, 18 september 2016 Jonggol mampu menciptakan ruang terbuka publik seperti CFD yang setingkat dengan kota-kota besar. Kegiatan ini merupakan kali pertama di kabupaten Bogor. CFD mungkin masih asing di telinga masyarakat Jonggol, ada yang menyambut baik ada pula yang kurang sepakat. Pengalihan arus lalu lintas yang belum terbiasa ini belum sepenuhnya bisa diterima oleh masyarakat dan angkutan umum yang rutenya dipakai oleh kegiatan Car Free Day.

Dibalik sebuah kebijakan tak lepas dari pro kontra. Pemerintah pun pasti sudah memikirkan secara matang setiap kebijakan yang dikeluarkan. Hari Bebas Kendaraan terselenggara atas kerjasama pemerintah dan pemuda-pemuda Jonggol, yang kemudian dapat menjadi tradisi atau kebiasaan bagi masyarakat Jonggol di setiap pekannya. Tentunya kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat Jonggol.

 
Camat Jonggol, Beben Suhendar (tengah) mengikuti senam saat kegiatan CFD Jonggol
suasana Car Free Day Jonggol kali pertama

You Might Also Like

0 komentar

0